Kenapa tidak mencoba membuat Kripik buah dan Sayur

Sebagai sebuah negara tropik, Indonesia dikenal memiliki keanekaragaman buah dengan nilai eksotik yang cukup tinggi. Baik eksotika dalam bentuk buah, rasa maupun aroma. Tercatat beberapa buah yang mempunyai nilai eksotika tinggi yang dihasilkan di Indonesia, seperti nanas, apel, mangga, nangka, salak dan juga buah-buahan yang lainnya.

Dan dari sekian banyak buah yang ada di Indonesia ini bila dibandingkan dengan buah-buahan yang dihasilkan oleh negara-negara sub tropik nilai eksotika dan keanekargamannya jauh lebih tinggi dan bervariasi. Karena itu tidaklah mengherankan kalau buah-buahan dari Indonesia begitu diminati oleh orang-orang luar negeri.

Selama ini, tingginya potensi buah-buahan yang ada di beberapa daerah di Indonesia boleh dikatakan upaya pemanfaatannya belum dilakukan secara optimal. Para pengusaha yang bergerak di bidang agrobisnis cenderung untuk sekedar menjual buah-buahan tanpa ada pertimbangan untuk melakukan usaha pengelolaan lebih lanjut, menjadi sebuah produk makanan olahan. Misalnya dengan mengolah buah-buahan menjadi produk jenang atau dodol, manisan, sele, asinan atau bahkan yang sedang naik daun sekarang ini adalah dengan mengolahnya menjadi kripik.